Selasa, 03 Mei 2011

jurnalistik

Dampak Buruk Game Online
Internet, siapa yang tidak tahu internet pada jaman sekarang. Anak TK pun sudah dikenalkan dengan internet dalam kehidupannya. Internet sudah menjamur dan membudaya, jumlah pengguna internet semakin banyak dan semakin berkembang dalam penggunaanya. Internet membuat dunia terasa berada dalam genggaman kita. Mulai dari ilmu pengetahuan, hiburan, permainan, informasi, bahkan transaksi jual beli pun dapat dilakukan dengan jalur akses internet. Walaupun internet terasa bebas, internet sebenarnya telah memiliki tata tertib tersendiri. Tata tertib tersebut dikenal dengan sebutan netiket. Dan untuk di Indonesia sendiri tata tertib dalam penggunaan internet sudah di berlakukan dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), selain membahas tata tertib dalam penggunaannya Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik ini juga membahas kepastian hukum yang akan diterima jika melakukan pelanggaran dari sebagaimana tata tertib yang telah ada.
Dengan kepintaran dan kepiawaian manusia membuat sesuatu yang baru dan menarik dan dapat menghasilkan pendapatan dalam jumlah yang tidak sedikit, maka terciptalah berbagaimacam permainan secara online yang mampu menarik perhatian masyarakat, tidak hanya di Indonesia, di luar Indonesia pun game online sangat diminati. Permainan tersebut tidak hanya menarik perhatian anak-anak saja, orang dewasa dan yang sudah berumur pun dibuat ketagihan dengan permainan game online. Karena game online telah membius masyarakat dengan sesuatu yang baru dan menarik dari permainannya yang beda tersebut.
Permainan game online berbeda dengan permainan game lainnya, karena dalam permainan game online kita dapat bermain langsung dengan orang lain walaupun dalam kehidupan maya. Game tersebut membawa pemainnya berasa sedang main dalam kehidupannya nyata. Selain itu game online juga dapat membuat kita merasa asyik dan melupakan masalah yang ada dalam pikiran kita walau hanya dalam waktu sejenak. Game online sangat banyak macamnya, salah satu yang sangat digemari di Indonesia oleh banyak kalangan adalah permainan kartu, mahyong dan permainan perang.
Dari para pemain game online banyak sekali yang tidak memperdulikan dampak apa yang akan terjadi pada dirinya ketika mulai kecanduan game online. Banyak sekali dampak buruk dari bermain game online. Beberapa dampak yang terjadi pada pecandu game online adalah hubungan sosial yang semakin berkurang karena waktu habis dengan bermain game online. Prilaku berubah karena terpengaruh dari permainan game online yang sering dimainkan. Melakukan aktifitas tidak konsentrasi lagi karena yang ada dalam pikirannya hanya game online. Merugikan bagi diri sendiri dan orang lain, karena game online membuat candu sang pemain dan akan mengorbankan apapun demi dapat bermain kembali walaupun dngan menghabiskan uang dan ketika uang yang dimilikinya telah habis dia dapat menghalalkan segala cara seperti berbohong bahkan mencuri untuk mendapatkan uang demi bermain game online, membeli perlengkapan dalam permainananya, bahkan dapat dijadikan sebagai taruhan atau pasang dalam permainan judi. Kemudian adalah dampak terhadap kesehatan. Para pecandu dapat terkena penyakit mata yang disebabkan oleh radiasi komputer. Sistem kerja otak yang berkurang akibat terus menerus dipakai bermain game. Jantung yang kurang sehat akibat seringnya begadang. Penyakit ginjal akibat terlalu lama duduk, kurang minum dan telat makan. Berat badan menurun akibat terlalu sering begadang, telat makan atau tidak makan. Kegemukan pun dapat saja terjadi akibat terlalu banyaknya memakan makanan ringan apalagi jika dilakukan di malam hari. Dan yang paling buruk adalah lupa dengan ibadah, karena dampak tidak melakukan ibadah akan terasa nanti ketika di akherat. Itulah beberapa dampak buruk akibat kecanduan game online.
Dampak-dampak tersebut dirasakan oleh SP seorang mahasiswa. Dia menuturkan waktunya habis dipakai dalam bermain game online sehingga dia tidak mempunyai waktu untuk mengerjakan tugas kuliahnya dengan baik dan dia pun menjadi tidak konsentrasi dalam menyimak pelajaran karena memikirkan geme online dan rasa kantuk yang berat karena kurang tidur. Selain itu dia hampir setiap mata kuliah selalu datang terlambat karena lupa waktu keasyikan bermain game online. Bahasa keseharianpun menjadi tidak karuan, karena gaya bicara ketika bermain game online yang bebas terbawa dalam kehidupan nyatanya.
Kecanduan game online dapat dihilangkan atau dikurangi dengan beberapa cara yang sebelumnya telah dilakukan oleh pecandu game online yang telah berhenti dari kecanduannya. Yang paling pertama harus dilakukan adalah niat dari diri sendiri. Setelah itu kita dapat membuat sebuah daftar dampak yang telah dirasakan, kemudian memikirkan bagaimana caranya agar terlepas dari dampak tersebut dan terlepas dari kecanduan game online. Kita dapat bertanya kepada keluarga atau teman dekat untuk memberikan dan membantu mencari solusi tersebut. Dan jangan lupa berdoa agar bisa mudah terlepas dari kebiasaan buruk bermain game online. Juga cari kegiatan lain yang bisa membuat sibuk sehingga lupa pada game online walau tidak bertahan lama.


Oleh Retno Gandaresmi Fitroh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar