Selasa, 03 Mei 2011

kepemimpinan menuju sukses

Sifat Pemimpin untuk Menggapai Kesuksesan
Dalam berwirausaha banyak sifat yang sebelumnya harus dimiliki oleh calon wirausahawan untuk memotivasinya dalam usaha. Salah satu sifat yang harus dimiliki adalah kepemimpinan. Tut Wuri Handayani, Ing Ngarso Sun Tulodo, dan Ing Madyo Mbangun Karso sangat lekat dengan kata kepemimpinan. Karena ketiga kalimat itu memiliki arti yang dalam dengan sifat seorang pemimpin.
Pemimpin harus memiliki sifat Tut Wuri Handayani yang mengandung arti ketika seorang pemimpin berada di belakang dia harus mampu mendorong dan memberi semangat kepada para bawahannya, karena mereka sangat membutuhkan pemimpi yang dapat member mereka semangat. Ing Ngarso Sun Tulodo memiliki makna jika seorang pemimpin berada di depan dia harus bisa menjadi suri tauladan bagi orang yang ada disekitarnya. Ing Madyo Mbangun Karso memiliki makna jika seorang pemimpin berada ditengah-tengah dia harus mampu menjadi pembangkit dan penggugah semangat agar yang berada disekelilingnya merasakan kenyamanan dan keamanan yang lebih dalam kesibukannya.
Seorang pemimpin juga harus memiliki keterampilan dalam berusaha. Ada tiga keterampilan yang harus dimiliki seorang pemimpin:
1.      Technical skills, yaitu keterampilan pemimpin untuk melaksanakan pekerjaannya. jika tidak memiliki sebuah keterampilan, apa yang akan bisa dia lakukan sebagai seorang pemimpin.
2.      Human skills, yaitu kemampuan untuk bekerja sama dan membangun tim bersama orang lain. menjadi seorang pemimpin harus mampu membangun citra bersama orang lain, karena tanpa bantuan orang lain belum tentu kita bisa jadi seorang pemimpin yang sukses. dan untuk membuat teman kerja kita nyaman jangan batasi dengan kata atasan dan bawahan.
3.      Conteptual skills, yaitu kemampuan dalam berfikir dan mengungkapakan apa yang ada dipikirannya kedalam sebuah konsep. jika kita memiliki sebuah idea tau konsep, jangan hanya dibiarkan di dalam pikiran saja, tuangkan dalam secarik kertas dan buatlah konsep itu menjadi sebuah kesuksesan.
Manfaat memiliki sifat kepemimpinan adalah kita akan berusaha untuk menjadi seorang pemimpin dalam suatu pekerjaan dan melaksanakan apa yang menjadi tanggungjawab kita dengan baik dan sesempurna mungkin tanpa cacat dengan tanpa melupakan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Ketika kita memiliki sifat kepemimpinan kita akan dihargai oleh orang dan menjadi panutan dalam mengerjakan sesuatu dan menjadi contoh yang baik untuk ditiru, tapi tidak menjadikan kita sombong dengan kepemimpinan yang dimiliki.
Sosok seorang pemimpin yang bisa dijadikan sebagai contoh adalah Rasulullah (Muhammad SAW). Mengapa menjadikan beliau menjadi sosok pilihan,  karena sifat dan kepribadian Rasulullah sangatlah patut ditiru. Allah mempercayai beliau menjadi seorang pemimpin di muka bumi ini. Mengapa kita sebagai manusia yang awam dan sebagai khalifah di bumi ini tidak dapat menjadi seorang pemimpin.
Rasulullah dapat menjadi seorang wirausahawan yang jujur, adil, baik, ramah, jelasnya beliau seorang wirausahawan yang patut ditiru oleh setiap orang yang ingin menjadi seorang wirausaha sukses tanpa ada cacat hitam dalam namanya.
Bagaimana menjadi seorang pemimpin?
Untuk menjadi seorang pemimpin kita haruslah mengetahui kriteria menjadi seorang pemimpin itu seperti apa dan mempunyai panutan yang patut ditiru sifat kepemimpinannya sebagai motivasi kita untuk menjadi seorang pemimpin. Dan yang terpenting adalah kita mempunyai niat untuk menjadi seorang pemimpin. Dan pada dasarnya dalam diri setiap manusia itu sudah memiliki sifat kepemimpinan dalam memimpin dirinya sendiri. Jika ingin menjadi seorang pemimpin kita juga harus percaya pada diri kita bahwa kita bisa menjadi seorang pemimpin yang tidak gagal, melainkan pemimpin yang sukses. jejali pikiran kita dengan kata sukses, dan berikan juga tunjukkan usaha maksimal kita demi meraih kepemimpinan yang sukses.
Dan ketika menjadi seorang pemimpin, jadilah pemimpin yang benar-benar pemimpin. Bukan sekedar nama bahwa kita adalah seorang pemimpin. Buktikan bahwa kita layak menjadi seorang pemimpin dan dapat dipercaya sebagai seorang pemimpin. Jangan kecewakan yang dipimpin oleh kita, buat bangga yang dipimpin oleh kita.
Selamat menjadi calon orang sukses.


Oleh Retno Gandaresmi Fitroh
Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar